Selasa, 18 Mei 2010

Activity Based Costing (ABC)

Activity Based Costing (ABC)
Penerapan TOC lebih terfokus pada pengelolaan operasi yang berkendala sebagai kunci dalam meningkatkan kinerja sistem produksi, nantinya dapat berpengaruh terhadap profitabilitas secara keseluruhan. Pendekatan TOC beranggapan bahwa biaya operasional sulit untuk diubah dalam jangka pendek, sehingga TOC tidak mengidentifikasikan aktivitas-aktivitas individual dan penggerak biaya. Oleh karena itu, TOC kurang berguna untuk mengelola biaya dalam jangka panjang. Di lain pihak, activity-based costing (ABC) mempunyai perspektif jangka panjang yang memfokuskan pada peningkatan proses dengan mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah dan mengurangi biaya-biaya yang dikeluarkan oleh aktivitas yang bernilai tambah. Oleh karena itu, ABC lebih berguna untuk perencanaan profit, pengendalian biaya dan penetapan harga jangka panjang (Massood, 2000).
Keunggulan ABC adalah adalah memusatkan perhatian pada kegiatan (aktivitas), yaitu apa yang dilakukan oleh tenaga kerja dan peralatan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (Cokins et al, 1996:12). ABC umumnya digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan metode manajemen biaya seperti biaya target (target costing) dan TOC. ABC digunakan untuk menetapkan profitabilitas produk, sama seperti TOC. Perbedaannya adalah TOC mengambil pendekatan jangka pendek untuk analisis profitabilitas, sementara ABC mengembangkan suatu analisis jangka panjang. Analisis TOC memiliki fokus jangka pendek karena teori ini hanya berdasarkan pada biaya-biaya yang berkaitan dengan bahan, sedangkan ABC meliputi semua biaya produk. ABC dan TOC adalah metode-metode komplementer; ABC menyediakan suatu analisis komprehensif dari penggerak biaya (cost drivers) dan biaya unit yang akurat, sebagai suatu dasar untuk pengambilan keputusan strategis mengenai harga dan bauran produk dalam jangka panjang. Sebaliknya TOC menyediakan suatu metode yang berguna untuk meningkatkan profitabilitas jangka pendek
melalui penyesuaian bauran produk untuk jangka pendek dan melalui perhatian pada hambatan-hambatan produksi. Perbandingan antara TOC dan ABC dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

TOC ABC
Sasaran Utama Fokus jangka pendek:
analisis throughput berdasarkan bahan baku dan biaya yang berkaitan dengan bahan baku.
Fokus jangka panjang:
analisis semua biaya produk, termasuk bahan baku, tenaga kerja dan overhead.
Kapasitas dan Kendala sumber daya
Tercakup secara eksplisit,
suatu fokus utama dari TOC
Tidak tercakup secara eksplisit.
Penggerak biaya Tidak ada penggunaan langsung penggerak biaya.
Mengembangkan suatu pemahaman mengenai penggerak biaya pada tingkat unit, batch, produk dan fasilitas.
Kegunaan utama Mengoptimalkan arus produksi dan bauran produk dalam jangka pendek.
Perencanaan laba dan penetapan harga strategik.
sumber: Edward J. Bloucher et al, Cost Management: A Strategic Emphasis,
(2000:146)
Tabel 2.1
Perbandingan TOC dan ABC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar