Selasa, 18 Mei 2010

TOC DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF

TOC dan Keunggulan Kompetitif
Teori kendala ini memiliki argumen bahwa penurunan persediaan akan meningkatkan daya saing perusahaan, karena dengan menurunkan persediaan, akan diperoleh produk yang lebih baik, harga yang lebih rendah, dan tanggapan yang lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan (Hansen dan Mowen, 2000:606-607).
a. Produk-produk yang Lebih Baik.
Produk-produk yang lebih baik berarti kualitas yang lebih tinggi. Ini juga berarti bahwa perusahaan mampu meningkatkan produk dan secara cepat puladapat melempar produk-produk yang lebih baik ini pasaran. Meningkatkan produk menjadi lebih baik juga merupakan suatu elemen kunci dalampersaingan. Produk yang baru atau yang ditingkatkan kualitasnya harus mencapai pasar secara cepat-sebelum para pesaing lain menyediakan produk yang serupa.
b. Harga Lebih Rendah.
Tingkat persediaan yang tinggi berarti diperlukannya kapasitas produksi yang lebih tinggi dan ini berarti investasi yang lebih tinggi dalam peralatan dan ruang. Karena waktu tunggu dan tingkat kerja yang tinggi seringkali menyebabkan jam kerja lembur. Adanya jam kerja lembur dengan sendirinya akan meningkatkan biaya-biaya operasional dan merendahkan profitabilitas. Dengan merendahkan tingkat persediaan dan biaya-biaya operasional, margin tiap unit untuk setiap unit akan meningkat, dan memberikan fleksibilitas pada penentuan harga.
c. Daya Tanggap
Mengirimkan barang-barang tepat waktu dan memproduksi produk-produk dengan waktu tunggu yang lebih singkat daripada yang ditentukan pasar merupakan alat persaingan yang penting. Mengirimkan barang-barang tepat waktu berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk memperkirakan lamanya waktu yang diperlukan memproduksi dan mengirimkan barang-barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar