Selasa, 18 Mei 2010

MODAL BANK

MODAL BANK


DEFINISI

Hak pemilik bank kepada bank yang bersangkutan, yang merupakan modal awal pada saat pendirian bank yang jumlahnya telah ditetapkan dalam suatu ketentuan atau pendirian bank


KOMPONEN MODAL BANK

Terdiri antara lain dari modal saham yang ditempatkan dan disetor, modal sumbangan, laba ditahan-dengan tujuan, laba ditahan-tanpa tujuan, penilaian kembali aktiva tetap, dan modal sumbangan (modal donasi)



AKUNTANSI PENANAMAN DANA BANK

Penanaman dana bank meliputi penanaman dana dalam alat likuid atau kas, penanaman dana pada lembaga keuangan, penanaman dana dalam bentuk perkreditan dan penanaman dana dalam akativa tetap.

Tujuan dan apenanaman dana adalah untuk memperoleh (menciptakan) pendapatan bank melalui penciptaan aktiva produktif yang menghasilkan.

Jenis penanaman dana antara lain: remise atau pengiriman uang antar cabang dalam bentuk suatu bank, penanaman pada bank lain dalam bentuk giro, deposito berjangka , call money, deposito deposits on call, surat berharga, serta penanaman dana dalam bentuk kredit.


1. Penanaman Dana Alat Likuid atau Kas (KAS DAN BANK)




Dalam penanaman dana kas untuk tujuan operasional harus diperhatikan dasar kebutuhan dana rata-rata uang tunai setiap hari. Sedangkan penenaman dana kas ke bank lain harus memperhatikan syarat minimum yang harus dipelihara oleh bank (5% dari dana masyarakat yang dimiliki oleh bank), sehingga terjada likuiditasnya.

Tujuan penanaman uang kas

* Untuk kegiatan operasional
* Untuk memelihara likuiditas
* Untuk menghindari terjadinya over/underliquid
* Untuk memanfaatkan kelebihan dana
* Pendapatan


REMISE

Adalah : pengiriman uang secara fisik dari satu bank ke bank lain atau dari satu cabang ke cabang lain.

Akuntansi remise:

a. Saat pengiriman uang pisik ke cabang

D: RAK- Cabang

K: Kas

b. Saat menerima uang pisik dari cabang

D: Kas

K: RAK- Cabang

Penanaman Alat Likuit dalam Rekening Bank Lain

Akuntansi penanaman pada bank lain:

1. Saat penanaman

D: Bank lain-deposito

D: Bank lain- Call money

K: BI- Giro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar