Selasa, 18 Mei 2010

TOC DAN VARIABLE COSTING

TOC dan Variable Costing
Dalam penerapannya, TOC menggunakan format variable costing, dengan sedikit penyesuaian, yaitu hanya biaya bahan baku yang dianggap sebagai biaya variabel, sedangkan biaya tenaga kerja langsung tidak dimasukkan dalam biaya produk karena dinyatakan sebagai biaya tetap. Menurut Garrison dan Noreen (2000:320), yang menjadikan alasan mengapa biaya tenaga kerja langsung diperlakukan sebagai biaya tetap adalah sebagai berikut :
1) Meskipun tenaga kerja langsung dibayar berdasarkan jam kerja, beberapa perusahaan memiliki komitmen untuk menjamin pembayaran jumlah minimum jam kerja, baik karena tuntutan hukum maupun kontrak kerja.
2) Tenaga kerja langsung tidak mesti sebagai kendala. Jika tenaga kerja langsung bukan merupakan kendala, maka tidak ada alasan untuk menaikkannya karena merekrut lebih banyak tenaga kerja akan meningkatkan biaya tanpa adanya peningkatan output yang dapat dijual baik dalam bentuk barang maupun jasa.
3) TOC menekankan pada perbaikan terus menerus untuk mempertahankan kemampuan kompetitif. Tanpa komitmen dan tanggapan positif dan karyawan, perbaikan yang berkelanjutan tersebut mustahil terlaksana. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dapat merusak moral karyawan sehingga para manajer yang menggunakan pendekatan TOC enggan untuk memberhentikan karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar