Rabu, 19 Mei 2010

Sistem ekonomi islam

Sistem ekonomi islam

* Sistem ekonomi islam adalah sebuah sistem yang dimana cara cara pengaplikasiannya tidak lepas dari Al-Qur’an , al hadist dan itjma ulama.
* Sistem ekonomi islam di mulai dari sejak masa Rasulullah sampai akhir zaman.
* Islam memandang bahwa bumi dan segala isinya merupakan “amanah dari Allah “ kepada manusia sebagai khalifah dimuka bumi.Untuk mencapai tujuan suci.. Allah memberi petunjuk melalui rasulNya. Diantaranya Akidah, Ahlak dan Syariat






Sistem ekonomi islam

* Sistem ekonomi islam juga merupakan sistem yg eternal muamalah hal ini karena adanya yang dinamakan thawabit wa mutagoyyirat (prinsip dan variabel) dal;am islam.
* Dicontohkan dengan ketentuan dasar ekonomi seperti larangan, pengenaan zakat dll. Variabel merupakan instrumen untuk melaksanakan prinsip tersebut, seperti mudarabah, murabahah, bai baithaman ajil dsb.






Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional

* Ekonomi syariah : Islam datang dg sistem nilai yg komprehensif dan terpadu. Islam mengatur bukan saja urusan dunia tetapi juga urusan akhirat.islam juga mengatur tentang aspek dan nilai dari professi akuntan, islam ingin menghantarkan semua pihak baik manajemen, karyawan, investor, analis, dan akuntan menuju keselamatan dunia dan akhirat.
* filosofi islam:
* Tauhid uluhiyah
* Tauhid rububiyah
* Khilafah
* Tazkiyah
* Alfalah

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    BalasHapus